Sabtu, 09 Januari 2016

Resensi novel
Menyikapi rasa cinta seorang muslim
IDENTITAS BUKU
Judul Buku      : HIJABERS IN LOVE
Penulis Buku   : Oka Aurora
Editor             : Meilia Kusumadewi
Penerbit          : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan          : 1, Jakarta 2015
Tebal              : vi + 189 halaman
ISBN             : 978-602-03-0702-2



ULASAN ISI BUKU
Seorang gadis muslimah, yang bernama Annisa  baru pertama kali jatuh cinta. Tetapi ia jatuh cinta pada seorang kakak kelasnya di sekolah yang menjabat sebagai Ketua Rohis, yang bernama Ananda.
Annisa masih belum menutup auratnya, yaitu rambutnya. Ia juga masih suka bergaul dengan cowok sesukanya dengan melewati batas batas pergaulan lawana jenis dalam islam.
Annisa diajak oleh sahabatnya, Jelita untuk ikut eskul Rohis. Tapi annisa masih bimbang, karena kalau masuk eskul Rohis itu artinya ia harus memakai jilbab. Saat ikut demo eskul rohis, ia merasa hatinya menjadi hangat dengan materi yang dibawakan oleh Ustad Sandi.
Alasan kamu pakai hijab harus murni karena ingin menyempurnakan diri di hadapan Allah. Bukan untuk orang lain. Bersihkan hatimu. Insya Allah, jilbabmu akan membuatmu lebih tenang.
Annisa yang mengetahui bahwa lelaki yang ia sukai adalah ketua rohis, memutuskan untuk masuk eskul Rohis. Annisa dan Jelita juga ikut eskul musik. Tak disangka, kak Nanda juga ikut eskul musik. Ini membuat mereka jadi sering bertemu.
Jelita sebagai sahabatnya, sudah pasti menjadi tempat bagi Annisa untuk menumpahkan keluh kesahnya. Annisa menceritakan pada Jelita bahwa ia menyukai ketua Rohis sekolah mereka itu. Jelita tidak menanggapi apa-apa. Ia hanya menasihati Annisa untuk lebih hati-hati dalam bergaul danmenjaga pandangan terhadap lawan jenis karena kini ia sudah memakai jilbab.
Tanpa disangka, sahabat baiknya itu ternyata juga menyukai kak Nanda. Annisa pun menghadapi dilema. Apakah ia harus menjaga persahabatannya dengan jelita atau mengungkapkan perasaannya kepada kak Nanda.
Annisa mulai menghadapi banyak masalah saat ia mulai memakai kerudung dan menyukai kak Nanda, ketua Rohis yang sangat menjaga pandangannya. Annisa berkonsultasi tentang masalahnya pada Ustad Sandi. Tanpa diduga, Kak Nanda ternyata juga melakukan itu.
Kamu harus bisa menyatakan cintamu tanpa berharap apa-apa. Karena itulah yang dilakukan oleh Tuhan setiap saat.

Kelebihan:
Menurut saya, novel ini sangat menginspirasi bagi seorang muslim yang sedang jatuh cinta. Bagaimana cara menyikapi jatuh cinta dalam islam. jalan ceritanya penuh oleh misteri.

Kekurangan:
Menurut saya, penggunaan bahasa dalam novel ini sangat anak-anak. Memang mudah dipahami bagi semua kalangan, tapi sangat berbasa-basi.

Kesimpulan:

Saya memperoleh pelajaran dari novel ini. saya, Annisa Rachmawati belajar untuk menyikapi rasa cinta dengan lebih baik lagi dan tidak berlebihan. Seorang muslim yang sedang jatuh cinta, akan sangat bermanfaat bila membaca buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar