Sabtu, 09 Januari 2016

Akhirnya, Nilai Kimiaku

Mungkin sudah tidak ada lagi harapan untukku terhadap UAS kimia semester 5 nanti. Semua nilai ulangan harian bahkan Ujian Tengah Semester selalu di bawah KKM. Sejujurnya, tidak biasanya aku seperti ini. Semester sebelumnya aku selalu berhasil melalui semua itu dengan nilai yang cukup memuaskan, setidaknya di atas KKM. Ada apa denganku?
Aku begitu lelah begadang—tidak tidur seharian—hanya untuk belajar kimia, namun akhirnya nilaiku hanya mentok dinilai 70-an. Sudah pasrah aku mau gimana nanti akhirnya nilai UAS, tak peduli lagi.
Sekarang aku hanya bergelut di atas kasur empuk dengan handphone canggih di tanganku. 
*notif chat* Dari Lisa, temanku.
Lisa: Raraaa
Rara: Iyaa?
Lisa: Ikutan karang taruna yukk
Rara: Ayokk lah, daftarJ
Lisa: Sip, nanti gue Tanya dulu ke kak Imad, pengurusnya doi.
Rara: Okelah. Lu kenapa tiba-tiba pengen ikutan? Biasanya lu kan males yang begituan.
Lisa: Ya, buat refreshing aja sih, gumoh gue kebanyakan belajar mulu di rumah.
Rara: Wahh, mantep juga lu kebanyakan belajar.
Lisa: Makanya itu, biar otak gue agak fresh dikit napa haha
Rara: Yaudah, oke dah. Btw, ajarin gue kimia dong Lis:’)
Lisa: Yailah, salah orang lu, gue aja masih remed mulu
Rara: Itu kan gara-gara KKM sekolah lu yang nyame 85 lebih, jelas atuh smansa. Kalo sekolah gue kan ga bagus-bagus amat kayak sekolah lu.
Lisa: Yaudah deh, tiap hari minggu lu dateng aja ke rumah gue.
Rara: Asikk, thanks Lis
Lisa: Sama-sama. Lumayan, biar hari minggu gue ga males-malesan.
Rara: Bisa ae lu Lis
Lisa: Ra, gue punya zenius lu teh
Rara: Hah? Zenius apaan?
Lisa: Buka deh, https://zenius.net
            Karena gak punya paket, akhirnya ga dibuka. Tapi aku jawab.
            Rara: Ohh, kayak web buat belajar gitu ya?
Lisa: Iya, nah disitu ka nada video-video buat belajar. Tapi ga semuanya bisa di play. Kalo mau kebuka harus beli voucher.
Rara: Emang videonya enak?._.
Lisa: Enak  kok. Temen-temen gue banyak yang make zenius.
Rara: Ih jadi mau!!! Beli dimana vouchernya?
Lisa: Beli di Indomart bisa, di gramed juga ada ko. Kalo gue belinya yang 1 tahun 400k.
Rara: Indomart jual? Kudet parah gue, masa begituan gak tau:’)
Lisa: Haha, kalo di Indomart jadi kayak belanja online gitu, annti dikasih kode sama zeniusnya, nanti tinggal bilang mba-mbanya aja.
Lisa: Enak loh Ra, soal latihannya bervariasi. Videonya juga gampang banget ngertinya
Rara: Gue jadi penasaran. Oke, nanti gue beli ah. Makasih banyak LisJ
Seketika, harapanku terbit kembali. Nilai UAS kimiaku nanti mungkin akan kudapatkan minimal 90-an. Esoknya, aku langsung membeli voucher zenius dari uang yang ibu berikan padaku. Tentu saja, ibuku menyetujuinya dan mendukungku. Optimis kalau nilai kimiaku kali ini tak akan lagi hanya mentok dinilai 70-an.
Saat dini hari, aku mencoba log-in ke zenius.net. Langsung saja aku buka materi kimia kelas 12 kurikulum 2013. Kali ini, aku langsung mempelajari bab yang selanjutnya akan dijelaskan oleh guruku di sekolah. Bab dengan judul Kimia Unsur. Aku mendengarkan video tersebut dengan buku catatan dan pena ditanganku.
Hei, sumpah, ini video enak banget ya Allah. Penjelasan dari setiap materi sangat mudah dimengerti. Yang tadinya aku baca buku malah pusing tambah ngejelimet, dari video yang ada di zenius ini aku bisa langsung ngerti. Aku catat setiap hal penting yang ada di video tersebut dengan semangat yang meletup-letup. Hingga akhirnya azdan subuh berkumandang.
Saat tiba di sekolah, pelajaran pertama di hari selasa, KIMIA. Seperti biasa, saat aku baru tiba di kelas, seluruh temanku belajar kimia. Selalu. Karena semuanya bersiap jika nanti sang guru kimia—bu Ani—melemparkan pertanyaan pada masing-masing anak. Jika bisa menjawab, tentula pujian yang akan diucapkannya. Namun jika tidak bisa menjawa, maka berbagai sindiran akan terlontarkan dari mulutnya, tak akan berhenti hingga jam mata pelajarannya habis.
Tanpa disangka, pelajaran kimia yang memang selalu penuh dengan kejutan, kembali membuat panik. Terutama bagi kelompok praktikum kimia aku. Baiklah, entah semalam aku bermimpi apa, tapi kelompokku mendapat tugas untuk mempresentasikan mengenai unsur transisi periode 4 hari itu juga. Deg. Baiklah, untungnya kelompokku diberikan waktu satu jam pelajaran untuk berdiskusi.
Anggota kelompokku saling menyampaikan apa yang mereka mengerti dari materi unsur transisi ini. Banyak sekali aspek-aspek yang perlu dijelaskan. Dimulai dari unsure-unsurnya apa aja, sifat kimia, sifat fisika, warna, dll. Selain itu, di setiap sifat juga harus dijelaskan satu per satu.

Singkatnya, saat waktunya presentasi, kelompokku sukses besar. Berhasil menyampaikan dengan baik mengenaik materi tersebut. Dan aku? Sukses menjawab sederet pertanyaan yang kedengarannya sulit. Seperti, mengapa ada unsur yang berwarna dan ada yang tidak? Mengapa ada unsur yang diamagnetik? Semuanya aku yang menjawab. Betapa mnggebu-gebunya diriku di presentasi kali ini. Bab Kimia Unsur ini pun aku tutup dengan nilai Ulangan Harian yang sangat memuaskan—paling tinggi dikelas—berapa? 95. Fantastic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar